Senin, 28 Maret 2016

CARA MEBUAT KERIPIK PISANG KHAS LAMPUNG

Pertama-tama saya ingin menceritakan bagaimana proses keripik Pisang Kepok lampung bisa terkenal dan siapa pertama kali membuat keripik pisang lampung ini.


Keripik pisang lampung adalah makanan khas lampung yang biasanya disajikan dan dibuat oleh masyarakat suku Lampung saat akan merayakan hari besar seperti lebaran dan juga saat ada acara adat seperti Begawi atau cangget agung..Insya Allah akan saya kupas selanjutnya..
Keripik pisang Lampung mulanya hanya ada 2 rasa yaitu Asin dan Manis belum seperti saat ini yang sudah dicampurkan dengan banyak Rasa.

Siapa pertama membuat Keripik pisang lampung??
Pembuat pertama Keripik Pisang lampung tentunya Adalah ibu ibu dari Masyarakat suku lampung dengan tujuan agar saat keluarga atau sahabat berkunjung kerumah ada yang dihidangkan sebagai cemilan

Proses pembuatakan keripik Pisang  Lampung ini sebenarnya sangat sederhana dan tidak memakan tenaga dan Waktu yang cukup Lama..
Berikut langkah-Langkah Pembuatan keripik pisang Kepok Lampung :

Pertama adalah langkah pemilihan Pisang  kepok yang baik untuk di Buat Keripik Pisang adalah pisang kepok yang sudah mengkel yaitu pisang kepok yang kira-kira 2-3 HARI LAGI AKAN MATANG..
Pemilihan pisang yang kurang mengkel mengakibatkan pisang keras dan tidak enak saat di makan

Kedua mengupas kulit pisang Kepok  pengupasan Dilakukan menggunakan pisau dan jangan lupa pengupasan harus teliti untuk menghindari daging pisang ikut terkupas..

Ketiga pemotongan Pisang kepok pemotongan pisang kepok biasanya dengan dua pilihan dilampung pemotongan pertama yang lazim ialah dengan menggunakan parut/Serut khusus pemotong pisang

Beikut contoh serut pisang
Image result for serut pisang

Pemotongan seperti ini mengahasilkan keripik yang memanjang, dan pilihan kedua pemotongan dengan cara
menggunakan alat pemotong Timun dan hasilnya berbentuk bulat persih dengan cara memotong timun..

Keempat ialah pemilihan Rasa dan perendaman Pisang :Pilihan rasa Manis ,Asin, Dan Banyak Rasa (Rasa Tambahan Seperti coklat ,Vanilla, DLL) tahap inilah penetuannya.

Untuk Rasa Asin siapkan Air dingin di campur dengan Garam secukupnya tergantung dengan banyaknya Air dan dirasakan sampai air berasa Asin Lalu rendam potongan pisang sekitar 1 Jam
  
Untuk Rasa Manis siapkan Air dingin di campur dengan Gula secukupnya tergantung dengan banyaknya Air dan dirasakan sampai air berasa Manis Lalu rendam potongan pisang sekitar 1 Jam

Untuk Banyak Rasa  siapkan Air dingin  secukupnya  Air  Lalu rendam potongan pisang sekitar 1 Jam
Ingat untuk penambahan rasa cukup di rendam dengan air dingin jangan air yang berasa dikarenakan saat penambahan rasa akan terasa aenh rasanya..

Kelima Penggorengan : Penggorengan pisang harus menggunakan Minyak yang sudah panas baru memasukkan pisang tahap penggorengan ini harus teliti jangan sampai pisang terlalu gosong atau kurang garing..pisang harus garing saat penggorengan biasanya warna pisang sudah terlihat kuning mengkilat saat pisang sudah garing.

Untuk pilihan rasa Asin dan manis tahap pengorengan adalah tahap akhir dalam pembuatan keripik pisang kepok Asin Dan Manis

Untuk penambahan banyak rasa tahap ini cukup rumit dan tergantung dengan takaran serta selera masing-masing
tambahan rasa dapat di dapatkan di toko penjual seperti : Coklat bubuk, Susu Bubuk,Gula Bubuk.

Untuk penambahan rasa Coklat kombinasi yang biasa saya gunakan Adalah Sebagai Berikut :
Untuk pembuatan 10 KG pisang kepok coklat siapkan :
  1. 1/2 kg Coklat Bubuk
  2. 1/4 Susu Bubuk
  3. 1 kg Gula Bubuk
Aduk rata sampai bahan bahan diatas tercampur dengan rata lalu masukkan kedalam plastik bening ukuran 60 X 100 Cm dan masukkan pisang lalu di goyang goyang atau diaduk sampai semua pisang dan coklat tercampur dengan rata..bubuk campuran coklat tadi akan menempel dengan keripik pisang..

Untuk penambahan rasa Vanilla kombinasi yang biasa saya gunakan Adalah Sebagai Berikut :
Untuk pembuatan 10 KG pisang kepok Vanilla siapkan :
  1. 1/2 Susu Bubuk
  2. 1/4 Mentega Bubuk
  3. 1 kg Gula Bubuk
Aduk rata sampai bahan bahan diatas tercampur dengan rata lalu masukkan kedalam plastik bening ukuran 60 X 100 Cm dan masukkan pisang lalu di goyang goyang atau diaduk sampai semua pisang dan Vanilla tercampur dengan rata..bubuk campuran Vanilla tadi akan menempel dengan keripik pisang.

Untuk penambahan rasa melon, Durian,gula bubuk dan pilihan rasa melon dan durian takaran bisa disesuaikan dengan selera,..

Sebernya toko penjual biasanya sudah menyiapkan pilihan rasa yang sudah jadi dan siap dicampurkan dengan Keripik ,Seperti rasa sambalado coklat susu DLL
Tapi untuk pedagang keripik Pisang kepok Lampung beli bahan jadi kurang cocok atau kurang enak untuk dijual karena rasa coklat atau Vanilla kurang nikmat..
Tapi untuk pilihan Melon,Durian,Sambalado,Dll Penjual juga biasanya masih membeli bahan jadi..


"Selamat mencoba semoga bermanfaat"

untuk tulisan selanjutnya saya akan membagikan cara membuat Dodol khas Lampung..

Mohon Maaf tulisan kata kuta rapi dikarenakan pertama kali menulis..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar